Minggu, 09 Desember 2012

BINA HONG

TUMBUHAN BINA HONG
Teman- teman pasti pernah mendengar ya nama tumbuhan ini, khasiat tanaman ini sudah lama diyakini masyarakat khususnya di kalangan Tiong Hoa. Bina hong dengan nama latin Andredera Cordifolia (Ten.) Steenis. Dalam bahasa inggris tanaman ini disebut Heartleaf Madeiravine atau Madeira Vine. Sementara di negeri Cina disebut Deng San Chi atau Teng San ChiBina hong adalah tanaman obat yang tumbuh menjalar dan merambat, berumur panjang (perenial) bisa mencapai panjang lebih kurang 5m. Di Indonesia tanaman ini banyak ditanam untuk tanaman hias. Tumbuhan ini akarnya rimpang dan berdaging lunak. Batangnya lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah bagian  solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat pada ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar. Berdaun tunggal, tangkainya sangat pendek, tersusun berseling, berwarna hijau, berbentuk jantung (cordata), panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin. Bunganya majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumalh lima helai tidak berdekatan, panjang helai mahkota 0,5-1 cm, berbau harum.
Konon binahong merupakan tumbuhan yang diduga berasal dari Australia, Afrika Selatan, Hawaii, New Zealand dan Pulau Pasifik lainnya. Tumbuhan ini mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dalam lingkungan yang dingin dan lembab. Perbanyakan generatif dengan biji, namun yang lebih sering adalah dikembangbiakkan secara vegetatif melalui akar rimpangnya.

MANFAAT BINA HONG
Tanaman ini sudah lama terdapat di Indonesia dan biasa disebut dengan Gendola (Basella Rubra Linn).Hampir semua bagian tanaman binahong ini memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Binahong mengandung saponin, alkaloid dan polifenol. Sesuai dengan zat yang dikandungnya binahong berkhasiat sebagai obat batuk atau muntah darah, radang paru-paru, kencing manis, sesak nafas, borok akut yang menahun, darah rendah, radang ginjal, gejala liver, disentri, hidung mimisan, habis bedah operasi, luka bakar, luka akibat benda tajam, jerawat, usus bengkak, gusi berdarah, kurang nafsu makan, melancarkan haid, nifas, menjaga stamina tubuh agar tetap sehat, penghangat badan dan lemah syahwat juga antibakteri. Pemanfaatan daun ini bisa dilakukan dengan beragam cara. dilumatkan untuk obat luka, direbus untuk diminum untuk penyembuh luka dalam atau dimakan sebagai lalapan. (sumber tabloid cempaka).
Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar