Selasa, 20 November 2012

MANFAAT CITRUN ZUUR

Mendengar kata Citrun zuur atau sitrun, pasti terbayang manisan dan sirup. Karena bahan ini pasti ada dalam resep sirup dan manisan. Tapi ternyata ada manfaat yang lain lho dari citrun zuur ini. Beberapa waktu yang lalu saat saya mau membersihkan kamar mandi, ternyata obat untuk membersihkan keramik habis, waduh....sempat bingung juga. kalau mau bersihin bak mandi cuma pakai deterjen bubuk saja sepertinya kurang bersih walaupun busanya banyak.Tingggg.....jadi ingat resep dari teman. Dia cerita kalau ada ramuan rahasia untuk membersihkan kamar mandi. Wah asyik nih dapat bocorannya. Siapkan air panas, deterjen bubuk dan citrun zuur secukupnya dikira-kira saja katanya. Setelah itu campur semua di wadah dan aduk...siap dipakai. Kalau bikinnya kebanyakan bisa disimpan di botol bekas air mineral sisanya dan bisa dipakai di lain waktu. Di lemari dapur saya masih ada sisa citrun zuur sedikit, langsung saya buat larutannya. Setelah itu dengan bantuan kuas atau spon saya gosokkan ke seluruh permukaan keramik kamar mandi, diamkan lalu sikat sebentar dan bilas dengan air. Dan ternyata memang berhasil kamar mandi saya bersih tanpa noda. Dengan resep ini juga bisa untuk menghilangkan noda pada pakaian lho (uji coba pada kaos suami saya dan seragam putih anak saya yang terkena saos ) . Didihkan air sepanci, tuang ke ember beri deterjen bubuk segenggam citrun zuur segenggam aduk rata setelah itu rendam pakaian yang terkena noda (saya merendam sampai airnya dingin....hihihi). Nah setelah itu dicuci seperti biasa dan lihat hasilnya,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar